Tips Memilih Jenis Ubin Keramik

Tips Untuk Memilih Jenis Ubin KeramikMenentukan jenis dan type ubin keramik yang paling tepat dan cocok untuk rumah adalah yang sesuai dengan kondisi kebutuhan dan fungsi ruang. Ubin keramik merupakan bahan yang mampu bertahan lama dan mudah pewaratannya. Tersedia dalam banyak ukuran, motif, tekstur, bentuk, hingga warna sehingga mudah sekali untuk mengkombinasikannya dengan ruangan yang ada.

Dalam hal pemasangan jenis ubin keramik ini sangatlah mudah pengerjaannya, hampir setiap tukang/pekerja bangunan rumah bisa mengerjakan. Ketelitian dan kesabaran haruslah diperhatikan, ini perlu dipertimbangkan untuk hasil yang baik. Biasanya ubin keramik yang terdapat dipasaran adalah ubin mosaik, ubin quarry, ubin glazed, dan porselin.Ubin Glazed- Tersedia berbagai permukaan yakni glossy, matte, dan kasar (tidak licin). Ubin glazed yang glossy tidak cocok digunakan untuk kamar mandi dan dapur karena akan menjadi licin ketika terkena air.

Bila anda ingin menggunakan untuk kamar mandi, maka ubin glazed yang kasar anti-slip merupakan pilihan yang cocok.Ubin Mozaik.- Tersedia dalam berbagai jenis bahan kaca, hingga keramik. Juga tersedia dalam beraneka motif, pola dan gambar yang kesemuanya ini sangat menarik untuk dilihat tergantung selera.Ubin porselinJenis tahan yang lebih kuat bila dibandingkan dengan jenis yang lain karena proses pembakarannya di temperatur tinggi, sel serta pori-pori jenis ini sangatlah rapat sehingga lebih kedap air. Cocok digunakan untuk dinding kamar mandi, kolam renang atau bak mandi.Ubin QuarryJeni keramik ini dibuat dari campuran tanah liat, dan berwarna natural pada umumnya, misalnya merah hati, merah tuan,abu-abu, cream, coklat.

Warna tersebut berasal dari warna tanah liat dan tergantung pada suhu pembakaran. Pori-pori jenis ini besar sehingga mempunyai daya serap lebih tinggi. Tentunya tidaklah cocok untuk dapur karena akan menimbulkan noktah atau noda bila terkena kotoran.Dengan berpedoman pada kelebihan dan kekurangan dari jenis ubin di atas, maka anda tentunya bisa menentukan sendiri jenis-jenis mana yang cocok untuk sebuah ruangan. Itu semua adalah faktor kunci ketika menentukan untuk memilih lantai keramik. Lantai keramik yang baik dapat bertahan berabad-abad, maka pilihan harus dibuat hati-hati, karena investasi keramik dapat setua umur rumah itu sendiri.

Disamping berpedoman pada artikel ini, anda juga masih perlu berkonsultasi dengan penjual keramik mengenai jenis keramik yang cocok untuk “rumah nyaman” anda. Harga biasanya menjadi pertimbangan di setiap proyek, dan harga ubin keramik dapat berada dalam jangkauan atau sangat mahal. Maka Baik kalau Anda melakukan survey dari beberapa suppliers, karena perbedaan jenis keramik, maka harganya dapat bervariasi dari satu toko ke toko lain, dari satu merk ke merk lain.

0 komentar:

Posting Komentar